RSS

Q&A Seputar Video Balun (1)

Q & A Video Balun (1)



Jenis kabel apakah yang disarankan?

Untuk hasil terbaik gunakan kabel UTP CAT 5 24 AWG atau lebih besar. Pada penggunaan kabel STP (shielded twisted pair), pelindung kabel malah dapat menyebabkan interferensi yang mengakibatkan jarak transmisi jadi lebih pendek (dari 1500m menjadi 800m). Kabel un-twisted tidak disarankan, karena mudah terkena interferensi yang menyebabkan jarak menjadi pendek.
Bisakah menggunakan kabel telepon biasa (RJ-11)?
Ya, video balun dapat menggunakan kabel telepon biasa untuk jarak hingga 300m. Tetapi pada kabel jenis ini, interferensi dapat terjadi dengan mudah, sehingga kami tidak merekomendasikan solusi ini kecuali jika ada alasan khusus.
Dapatkah menggunakan kabel UTP Category 6?
Ya, UTP Category 6 dapat menaikkan jarak dan memiliki kekebalan terhadap interferensi yang lebih baik.
Dapatkah satu kabel UTP dibundel dengan kabel lain?
Ya, satu keuntungan video balun adalah penolakannya terhadap intereferensi. Dengan demikian kabel untuk video balun dapat dibundel dengan kabel lain, seperti kabel telepon, kabel jaringan data (Ethernet), kabel coaxial dan sebagainya. Tetapi, untuk kabel power sebaiknya tidak dibundel dengan kabel ini.
Dapatkah kita menggunakan pair yang tidak terpakai pada jaringan LAN?
Ya, kita dapat menggunakan pair mana saja untuk menyalurkan sinyal video. Umumnya LAN menggunakan pair pertama dan ke-2, sehingga pair ke-3 dan ke-4 bisa digunakan untuk video. Pastikan pair ini tidak tersambung ke hubswitch manapun pada jaringan LAN.
Apa sajakah keuntungan Video Balun (Twisted Pair Transmission)?
Keuntungannya adalah SMART – FAST – COST EFFECTIVE SOLUTION
1. Pemakaian kabel coaxial RG-59 di atas 200 meter, sinyal video akan mengalami loss dan gambar yang dihasilkan cenderung jelek. Video balun bisa meningkatkan jarak hingga 300m (color), 600m (B/W), bahkan sampai 1000m dan 2400m dengan balun aktif.
2. Menggunakan video balun 4 channel seperti tipe TTP-414V hanya memerlukan satu kabel UTP saja untuk menyalurkan 4 sinyal video. Dibandingkan dengan pemasangan 4 kabel coaxial RG-59, jelas hal ini merupakan penghematan waktu dan biaya.

3. Kabel UTP Cat 5 harganya setengah kali dan lebih mudah dipasang ketimbang coaxial.

sumber : http://tanyaalarm.blogspot.com

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: