RSS

Pentingnya Time Setting pada Panel Alarm

Pentingnya Time Setting pada Panel Alarm

Tidak dipungkiri lagi, bahwa satu kejadian pasti berkaitan dengan waktu. Pertanyaan tentang “kapan kejadiannya” selalu menempati urutan pertama dari sederet pertanyaan lain yang mengikutinya.

Nah, mengingat fungsinya yang sangat penting, maka pengaturan time and date  atau clock setting menjadi satu keharusan dan tidak bisa diabaikan begitu saja, khususnya dalam peralatan Sistem Alarm dan CCTV.

Mengapa demikian penting? Sebab hal ini berkaitan dengan apa yang dinamakan History, Event Buffer, Event Log dan apalah nama lainnya. Semua itu adalah rekaman data kejadian yang tersimpan di dalam memory panel alarm atau DVR.  Namun sayangnya,  panel alarm jarang sekali dilengkapi dengan rangkaian RTC (real time clock),  tidak seperti DVR ataupun motherboard komputer.  Akibatnya, setiap kali power mati total, maka time and date menjadi “buyar”, sehingga kita harus melakukan setting ulang pada clock-nya agar cocok dengan penunjukan jam sekarang.

Sampai di sini sepertinya tidak ada masalah. Cuma di lapangan sering dijumpai ketidakcocokan antara jam kejadian dengan penunjukan waktu yang ditampilkan pada History.  Selidik punya selidik ternyata (banyak) Teknisi tidak melakukan clock setting pada saat memrogram panel alarm. Jika sudah begini, maka urusan investigasi kejadian bisa menjadi runyam, sebab saat membuka event memory buffer (via software) selain jamnya tidak wajar, adakalanya tahunpun menunjukkan angka “00” (tahun 2000) yang merupakan  jam dan tanggal default bagi kebanyakan panel. Jadi, hendaknya Teknisi tidak menyepelekan masalah ini. Biasakanlah untuk menepatkan jam dan tanggal serta mengatasi dulu semua trouble pada keypad sebelum meninggalkan lokasi.

 

sumber : http://tanyaalarm.blogspot.com

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: