RSS

Mengenal Istilah CCTV (Bagian 7)

Istilah CCTV (Bagian 7)

ICR (Infra Red Cutoff Removable)
Camera yang mencantumkan spesifikasi ini akan bereaksi terhadap lampu infra red tambahan. Jadi agar dapat melihat dalam kondisi gelap total, camera ini dapat dibantu oleh lampu infra red external.
DSS (Digital Slow Shutter)
Jika disebutkan DSS (Digital Slow Shutter), maka sekalipun camera ini diberi infra red tambahan, tetapi  gambar akan tetap gelap.
IR LED
Menyatakan camera ini telah dilengkapi dengan lampu infra red yang built-in. Pada keadaan gelap, lampu IR yang berupa bintik-bintik merah di sekeliling camera akan otomatis menyala. Dalam keadaan ini, maka gambar yang dihasilkan adalah hitam-putih. Sedangkan pada siang hari lampu IR ini akan mati secara otomatis dan gambar yang dihasilkan akan berwarna.
Witout D&N and ICR 
Artinya camera ini tidak dilengkapi feature Day&Night dan Infra Red Cut Filter Removable.
WDR (Wide Dynamic Range)
Dengan feature ini komposisi cahaya di latar belakang tidak akan menyilaukan atau menggelapkan hasil gambar, sehingga tampilan yang dihasilkan menjadi optimal.
FLICKERLESS (Ind.bebas kedip)
Fungsinya agar camera tidak berkedip-kedip pada saat berdekatan dengan sumber yang mengganggu seperti lampu TL (neon) atau frekuensi listrik 50Hz yang ada di sekitarnya.
AUDIO (Optional)
Camera yang dilengkapi fungsi audio bisa mendengarkan suara melalui microphone yang dipasang di dalam camera. Optional menyatakan sifatnya belum built-in sehingga untuk itu diperlukan alat tambahan lagi, yaitu berupa audio board.
PIXELS
Pixel adalah singkatan dari picture element, yaitu satuan terkecil yang menyusun suatu gambar. Makin besar nilai pixel, gambar akan semakin tajam. CCD 270K pixel artinya chip ccd tersebut mampu menampilkan sebanyak 270.000 elemen.  K menyatakan kilo yang artinya 1000.
AGC
Auto Gain Control, level sinyal diatur secara otomatis sehingga diperoleh kualitas gambar yang tetap optimal pada level cahaya yang berubah-ubah.
BLC
Back Light Compensation, suatu teknik untuk mengurangi kuat cahaya dari latar belakang, sehingga objek yang ada di depan cahaya tersebut tetap terlihat jelas (tidak tenggelam di dalam cahaya itu).
W/B AUTO/HOLD
W/B artinya White Balance (Ind.keseimbangan putih), yaitu suatu pengaturan keseimbangan antara warna dasar Red, Green dan Blue dalam teknik warna. Rangkaian white balance dikatakan baik apabila perpaduan warna dasar tersebut dilakukan dengan akurat (proporsional), sehingga gambar tampak alami, tidak condong ke salah satu warna dasarnya. Contoh yang ekstrem untuk ini adalah bagaimana hijaunya warna daun dibandingkan dengan aslinya atau bagaimana coklatnya kulit manusia dibandingkan dengan aslinya.
AUTO/HOLD artinya bisa dipilih, apakah white balance dibiarkan diatur secara otomatis oleh camera (Auto) atau dikontrol secara manual oleh pemakai (Hold).
RS-232C
Menyatakan fungsi zoom pada camera ini bisa dikendalikan melalui DVR atau komputer dengan menggunakan sinyal RS-232C.
RS-422/485
Menyatakan fungsi zoom pada camera ini bisa dikendalikan melalui DVR atau komputer dengan menggunakan sinyal RS-422 atau RS-485.
 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: