RSS

Mengenal dan Memanfaatkan Skype

Mengenal dan Memanfaatkan Skype

 

Sekalipun terlambat (it’s better late than never), kami akan memaparkan satu fenomena menarik seputar VoIP (Voice over Internet Protocol) yang beberapa tahun lalu dianggap “tabu” oleh perusahaan telekomunikasi nasional. Pasalnya, teknologi VoIP ini telah mengubah paradigma telekomunikasi dari yang biasa menjadi luar biasa. Kami menyebut luar biasa, karena kita tidak dikenakan biaya percakapan untuk bertelepon ria (kecuali berlangganan internet), bahkan ke seluruh belahan dunia. Inilah manfaat lain dari teknologi TCP/IP. Jadi bagi anda yang telah berlangganan internet unlimited, tentunya sayang jika melewatkan aplikasi ini begitu saja. Aplikasi yang kami maksud adalah Skype. Anda hanya perlu microphone  atau microphone plus headset yang harganya terjangkau.
Cara terbaik untuk menilai sesuatu adalah dengan mencobanya langsung. Untuk itu silakan anda download aplikasi Skype di sini. Saat tulisan ini dibuat, Skype terbaru adalah versi 4.2.0.166 dengan ukuran file sebesar 21.92MB. Setelah itu install-lah aplikasi ini seperti biasa sampai selesai.

 

Langkah selanjutnya adalah membuat account, yang terdiri dari nama kita (mis. Mirza), nama Skype (mis. mirzaonskype1), password dan alamat email. Kemudian klik I aggree-create account.

Jika nama kita belum dipakai orang lain, maka account Skype kita akan disetujui. Jika sudah ada yang menggunakan nama sama, coba ganti dengan nama lain dengan pilihan yang ada.

Selanjutnya? Jalankan aplikasi Skype dan Sign in dengan password yang kita buat.

Untuk memastikan setting audio kita sudah bekerja, Skype menawarkan Call Center dengan nama Echo/Sound Test Service. Silakan masukkan microphone anda ke jack mic pada PC/Laptop (jangan keliru dengan jack headset!) kemudian tekan Call. Beberapa saat akan terdengar suara wanita, kurang lebih seperti ini:

“Hello, welcome to Skype call testing service. After the beep please record the message. Afterward your message will be played back to you”.

Setelah bunyi “tinggg“, bicaralah di depan microphone selama 20 detik (perhatikan timer di atasnya). Jika setting audio berhasil, maka akan terdengar suara rekaman kita.
Selanjutnya, anda tinggal menambahkan contact pada kolom New – New Contacts. Oleh karena begitu mudahnya, maka kami persilakan anda mencobanya sendiri, sebab boleh jadi anda lebih “eksploratif” daripada kami. Seperti halnya kami, anda (mungkin) akan dibuat terkagum-kagum akan fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi Skype ini. Selamat mencoba!

sumber : http://tanyaalarm.blogspot.com

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: