RSS

Mengatasi Gangguan Camera (3)

Mengatasi Gangguan Camera (3)

Factory Plant Camera Installation: The Most Common Problems


Pada instalasi camera di pabrik dan plant, 2 (dua) masalah serius yang menghantui installer adalah:
1. Interferensi.

2. Gambar gelap di malam hari.
Mengatasi interferensi telah berlalu pembahasannya yang pada intinya lebih memerlukan seni ketimbang sains. Point penting dalam hal ini adalah mengenali penyebabnya dan melakukan “trial and error” , tetapi berdasarkan basic knowledge yang “mumpuni”. Inilah yang kami maksud dengan ungkapan more art than science, artinya kita tidak perlu analisa teori yang rumit-rumit sehingga menyebabkan over analisa (walau kadangkala kamipun melakukannya tanpa sadar!). Untuk interferensi kami cukupkan sementara sampai di sini.
Sekarang,mengatasi gambar gelap di malam hari? Wow, ini malah lebih artistik lagi! Beberapa basic theory dalam spesifikasi ternyata bisa “berjatuhan” di lapangan. Hal ini  disebabkan survey lokasi kebanyakan dilakukan pada siang hari, sehingga kita tidak mengetahui persis kondisi medan di malam hari. Pada beberapa tempat, perbedaannya cukup membuat heran para pemula. Rekaman DVR memperlihatkan adanya perbedaan yang kontras antara hasil gambar siang dan malam. Inilah yang menjadi topik bahasan kami kali ini.
Sebelum menganalisa lebih jauh, marilah kita uraikan kembali masalah ini. Intinya, untuk aplikasi outdoor semua camera CCTV tetap memerlukan cahaya yang memadai pada malam hari, tak terkecuali infra red camera. Mengapa demikian? Infra red camera tetap memiliki daya jangkau yang terbatas. Silakan buktikan sendiri! Jadi, untuk lokasi outdoor yang gelap total, jarak pandangnya terbatas disebabkan oleh penyerapan infra red oleh objek sekitarnya (terutama pepohonan, rumput dan tanah). Nah, dari sinilah faktor desain kembali memegang peranan (penting). Sampai seberapa perlukah kita memakai infra red camera? Masih bisakah jika pencahayaan di lokasi malah yang sedikit ditambah? Pertanyaan ini minimal akan menghasilkan “way out” yang baik, sebab trade-off-nya bisa tergambar di awal penawaran, bukan setelah camera terpasang.
 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: