RSS

Membangun IP Camera dengan Jaringan Listrik 220VAC

Membangun IP Camera dengan Jaringan Listrik 220VAC

 

Seperti kita ketahui IP camera menggunakan kabel UTP CAT-5 sebagai media hantarannya. Untuk lebih jelasnya tentang IP camera baca artikelnya pada postingan saya sebelumnya disini. Bagi anda yang belum sempat menyediakan infrastruktur LAN di rumah ataupun di kantor untuk IP camera, anda bisa memanfaatkan jaringan listrik 220 VAC di rumah atau kantor anda sebagai media pengganti kabel UTP CAT-5.

 

Pernah dengar Powerline Networking? Powerline Networking adalah jaringan komputer menggunakan jalur listrik dengan menambahkan sepasang device. Nah device ini disebut dengan powerline. Penggunaannya sangat simpel, anda cukup mencolokan (bahas keren-nya plug-in) sepasang device ke terminal 220 VAC, diikuti dengan proses pairing. Proses pairing ini cukup menekan tombol pair pada masing-masing device powerline, dan tunggu beberapa detik device tsb sudah bisa digunakan sebagai media jaringan. Salah satu contoh produk powerline adalah  TL-PA210KIT dari TP-Link atau DHP-307AV dari DLink.

 

Berikut topologi dasar dari Powerline.

 

 

satu

 

 

 

Setela mengetahui topologi dasar Powerline, maka instalasi aplikasi lainnya akan dengan mudah dilakukan, karena pada dasarnya 1 pasang Powerline seolah-olah kita menggelar beberapa meter kabel jaringan.

 

Berikut aplikasi powerline untuk sharing internet di rumah.

 

 

dua

 

 

Sedangkan untuk aplikasi IP camera over jaringan listrik 220 VAC, topologinya adalah sbb.

 

 

tiga

 

 

 

Soal speed dan maksimal jarak bagaimana? Jangan khawatir, speed Powerline rata-rata sudah diatas 100, untuk yang TP-Link bahkan sudah diangka 200 Mbps. Jarak maksimum kurang labih 300 meter.

 

Instalasi sistem cctv di rumah semakin simpel saja bukan?

 

Sekian artikel hari ini.

 

Semoga bermanfaat…

 

 

 

 

sumber : http://cctv-aspect.blogspot.com

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: