RSS

Access DVR Via Internet (Bagian 3)

Access DVR Melalui Internet (Bagian 3)

Langkah 3 : Meloloskan Port 5445 

Pada langkah ini kita harus masuk ke settingan modem ADSL. Memang sedikit agak rumit, tetapi tujuannya hanya dua, yaitu:  memasukkan IP Address DVR dan Port ke dalam menu modem.  Biasanya yang terlibat hanyalah di sekitar menu ini:  Advanced, Lan Clients, NAT dan Virtual Server. Pada contoh terlihat menu modem merk D-Link DSL-2540T sebagai contoh.
1. Dari browser anda ketiklah http://192.168.1.1, yaitu IP Address default dari modem Speedy pada umumnya. DVR melihat alamat ini sebagai Gateway.
2. Masukkan User Name dan Password modem yang diminta (umumnya: “admin” dan “admin”).
3. Carilah menu Advanced -> Lan Clients. Isilah 192.168.1.10, yaitu IP Address DVR kita. Berilah satu nama Host Name (boleh bebas, misalnya DVR, karena nama ini tidak berhubungan dengan Hostname kita di DynDNS). Kemudian Add.

4. Masuklah menu Advanced -> Virtual Server. Carilah Port Start dan Port End, lalu isi seperti contoh di bawah ini -> Apply.

5. Selanjutnya pada Category, pilihlah User -> muncul nama DVR -> Add agar pindah ke Applied Rules -> lalu Apply.

6. Terakhir,  pada menu Tools -> System pilihlah Save and Reboot 

7. Selesai.


Keterangan:
Hambatan utama dalam melakukan ini adalah variasi menu modem ADSL yang berbeda-beda antara satu merk dengan merk yang lain, sehingga sering membingungkan. Namun, kuncinya adalah cari saja bagian menu yang bertuliskan Advanced – NAT – Virtual Server, karena settingan ini biasanya hanya berkisar di tiga menu tadi.

Modem Standar Speedy
Untuk modem standard Speedy (biasanya TP-Link TD8817 atau TD8840), maka settingnya ada pada menu: Advanced Setup -> NAT -> Virtual Servers.
-Pilih Custom Server, beri nama (DVR), lalu masukkan IP Address DVR (192.168.1.10).
-Isi External Port Start dan End dengan 5445.
-Isi Internal Port Start dan End dengan 5445.
-Klik Save/Apply.
-Selesai.

Setelah menyelesaikan bagian ini, maka kita tinggal menguji Port apakah ia sudah “terbuka” atau belum. Pengertiannya, Port DVR yang 5445 ini harus “diloloskan” oleh modem Speedy, sehingga DVR bisa “terlihat” dari luar atau dengan kata lain bisa di-access via Internet.

 

 

sumber : http://tanyaalarm.blogspot.com

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: