RSS

Access DVR Via GSM Modem (Part-1)

Access DVR via GSM Modem (Part-1)

Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke meja kami seputar bagaimana caranya agar DVR bisa di-access via wireless modem broadband. Seperti diketahui, saat ini pemakaian modem broadband -baik itu GSM ataupun CDMA- bukanlah hal asing, karena harganya kian murah. Di beberapa daerah yang tidak terjangkau oleh jaringan kabel telepon, maka modem broadband menjadi alternatif paling tepat untuk mengakses internet. Terlebih lagi perang tarif antar operator seluler yang semakin gencar, membuat orang ingin mencoba satu per satu untuk memilih operator mana yang paling baik (dan murah!).

Namun, bahasan kita mendatang bukanlah persoalan mana operator yang paling baik apalagi paling murah. Silakan anda menilainya sendiri, karena kami tidak merekomendasikan agar memakai operator A, B ataupun C. Bahasan kami mendatang, insya Allah adalah seputar bagaimana caranya agar DVR kita bisa di-access via modem broadband wireless seperti tampak pada gambar di atas. Bisakah hal itu terjadi? Lalu, seberapa baguskah performanya? Apakah harga paket data dan hasilnya sepadan?

Baiklah kita mulai saja! Pada percobaan kali ini kami memakai modem Huawei E220 yang nantinya dihubungkan dengan router TP-Link TL-MR3420. Sedangkan untuk SIM card-nya kami memilih Telkomsel Flash (alasannya akan kami kemukakan nanti!). O, ya, seiring dengan perkembangan produk, anda bisa juga mencoba memakai router tipe TL-MR3020.

Catatan (khusus bagi yang belum pernah mengaktifkan modem)
Jika anda belum pernah menggunakan modem broadband, maka langkah pertama adalah membeli unit modem berikut paket perdananya (biasanya yang 50 ribu rupiah). Untuk mengaktifkan layanan paket Telkomsel Flash kita bisa melakukan cara ini.

1. Masukkanlah kartu Flash baru tadi ke dalam sembarang ponsel GSM.
2. Aktifkanlah layanan internetnya dengan mengirim sms UL ON 50000 ke nomor 3636.
3. Tunggu beberapa saat hingga ada jawaban dari Telkomsel.
4. Balaslah jawaban tadi dengan mengirim lagi sms UL YA.
5. Selesai.

Keterangan:
Perintah sms bisa juga dilakukan langsung dari menu modem melalui aplikasi bawaannya. Namun, kami lebih menyukai cara di atas, yaitu melalui ponsel.

Setelah aktivasi berhasil, pindahkanlah kartu Flash tadi ke dalam modem E220. Kemudian tancapkanlah modem ke USB Port PC/Laptop kita. Biarkan beberapa saat sampai muncul menu autorun seperti ini:

Kliklah AutoRun yang paling atas. Setelah aplikasi Mobile Partner berjalan, kliklah pada Tools –> Options–> Profile Management–> New. Buatlah profil baru, isilah seperti contoh berikut, lalu Save –> OK.



Setelah tampil menu yang berisikan nama profile kita seperti di bawah ini, kliklah Connect. Perhatikanlah di menu kiri bawah harus ada tulisan WCDMA atau HSDPA T-SEL. Ini menandakan koneksi sudah berhasil. Buatlah aplikasi ini jadi minimize.

Cobalah melakukan browsing ke beberapa situs internet. Setelah diyakini berhasil, kita bisa menutup aplikasi Mobile Partner ini dengan men-Disconnect modem. Cabutlah modem ini dari PC/Laptop kita, karena nanti kita akan menancapkannya pada 3G Router TL-MR3420.

 

 

sumber  : http://tanyaalarm.blogspot.com

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: